Memilih Baju Seragam Kerja

Tips Memilih Baju Seragam Kerja dan Jenis Kain Yang Cocok

Inilah tips memilih baju seragam kerja dan jenis kain yang cocok. Salah satu kebutuhan sebuah instansi atau perusahaan yaitu baju seragam kerja. Namun, untuk memilih seragam yang seperti apa, setiap instansi terkadang masih belum memiliki gambaran. Karena problem inilah, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa konveksi untuk menjahit seragamnya dengan jumlah yang banyak. Lalu bagaimana cara memilih seragam kerja? apa saja yang perlu dipertimbangkan? berikut penjelasannya;

Tips memilih seragam kerja 

Berikut beberapa tips untuk anda yang ingin membuat seragam kerja untuk karyawan. Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar lebih mudah dalam menentukan baju seragam kerja yang akan dipakai oleh para karyawan perusahaan nantinya.

Model sederhana namun berkesan 

Baju seragam kerja tidak perlu model yang berlebihan, cukup pilih model yang sederhana namun memiliki kesan mendalam. Dari baju seragam tersebut terdapat arti. Misalnya saja, dalam hal pemilihan warna. Dalam hal ini, anda bisa pilih warna-warna netral atau anda bisa memilihnya tidak lebih dari dua komposisi warna. Jika warnanya terlalu berlebihan, maka akan terkesan norak dan kesannya aneh. Namun, jika komposisi warnanya sedikit akan menjadikan seragam kantor tersebut terlihat lebih elegan.

Memiliki konsep dan pesan 

Untuk membuat seragam kerja haruslah yang memiliki konsep dan makna pada seragamnya. Jadi, tidak dibuat secara serta merta saja. Lebih dari itu, seragam kerja juga harus disesuaikan dengan dimana anda bekerja dengan mempertimbangkan fungsi dari seragam tersebut. Misalnya saja, seragam yang digunakan di bank. Jadi seragamnya harus elegan dan nyaman untuk digunakan di tempat tertutup dan ber- AC. Seragam kerja dibuat juga didasarkan pada image perusahaan karena seragam tersebut juga menjadi simbol dari perusahaan.

Memilih bahan terbaik 

Bahan baju seragam adalah hal penting yang harus diperhatikan. Pasalnya, seragam kerja adalah baju yang digunakan dalam jangka panjang. Dalam sehari saja bisa dipakai dalam waktu 8 jam. Sekalipun ada pengganti baju seragam, namun proses cuci kering tetap membuat bahan seragam lebih mudah kusut dan rusak. Untuk itu, perusahaan haruslah memilih bahan terbaik dan awet.

Menyesuaikan ukuran seragam

Jika bahan yang dipilih sudah bagus dan berkualitas, selanjutnya terkait ukuran juga harus disesuaikan dengan masing-masing orang. Dalam hal ini, anda bisa menanyakan terlebih dahulu ukuran dari setiap karyawan, lalu dibuatlah list ukuran agar lebih rapi dan tertata. Jika baju seragam sudah sesuai ukuran dari tiap karyawan, maka karyawan tersebut tidak perlu melakukan permak ulang atas seragamnya. Setiap perusahaan dapat menawarkan size S, M,L, XL, ataupun XXl. Namun, agar lebih akurat, anda bisa meminta contoh dari pihak konveksi terkait ukuran tersebut agar bisa dijadikan acuan. Terkadang, ukuran baju dari tiap konveksi tidaklah sama.

Itulah beberapa tips untuk anda dalam membuat seragam. Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, anda akan lebih mudah dan bisa memiliki gambaran terkait bagaimana seragam kerja para karyawan nantinya.

Jenis kain yang cocok untuk baju seragam kerja 

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pemilihan bahan/kain seragam sangatlah penting. Ada beberapa bahan kain yang bagus dan cocok untuk dijadikan seragam kerja. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

Kain katun 

Kain katun memiliki karakteristik tidak luntur, lebih mudah saat disablon, tidak berbulu, mudah menyerap keringat, tidak mudah kusut, dan lebih dingin saat dipakai. Kain katun ini bahan dasarnya dari serat kapas. Banyak perusahaan yang memilih kain katun untuk baju seragam karyawannya.

Kain drill

Kain drill memiliki harga yang lebih tinggi daripada kain katun. Kain ini relatif tebal dan biasanya banyak dipilih untuk pembuatan seragam militer. Varian dari kain drill juga beragam, tergantung dari seratnya. Varian tersebut antara lain;

  • Twist drill atau kain drill dengan serat kecil.

Karakteristik dari kain ini yaitu tahan air atau water repellent. Karena keunggulannya ini, maka kain jenis ini biasanya dijadikan bahan untuk jaket almamater yang kemudian ditambahi dengan resleting. Pakaian jenis ini juga cocok dipakai oleh karyawan yang banyak kerja outdoor.

  • Japan drill atau kain drill dengan serat besar.

Karakteristiknya yaitu lebih tebal dan kuat. Kadar katunnya juga lebih tinggi, maka tak heran jika Japan drill ini banyak disukai. Keunggulan lain dari kain ini adalah memiliki serat yang bagus, warnanya cerah dan tidak mudah pudar sekalipun terpapar matahari. Para karyawan di bidang media dan resto banyak memilih bahan jenis ini untuk baju seragamnya.

  • American drill atau kain drill dengan serat sedang.

Karakteristik dari kain ini yaitu memiliki tekstur yang lembut. Kain ini banyak dipakai oleh para karyawan dari perusahaan otomotif.

Kain kanvas 

Selain bahan kain di atas, bahan lainnya yang biasanya digunakan untuk seragam kerja yaitu kain kanvas. Kain ini bertekstur tebal dan relatif lebih berat, namun tetap nyaman saat dipakai kerja. Kain kanvas banyak dipakai untuk seragam outdoor. Kainnya yang tebal bisa memberikan perlindungan lebih pada pemakainya.

Kain tropical 

Kain tropical ini banyak dipakai oleh para pekerja kantor. Mereknya pun beragam di pasaran, begitu juga dengan mutunya. Kelebihan dari kain tropical ini yaitu bertekstur lembut dan ada minimal 150 varian warna. Harganya juga cukup tinggi, namun hal ini sudah setara dengan mutunya. Banyak perusahaan besar memilih kain tropical ini untuk dijadikan bahan seragamnya.

Castilo 

Jenis kain lainnya yang biasanya dijadikan seragam kerja yaitu castilo. Kualitas kain relatif bagus dan biasanya dibanderol dengan harga yang cukup ekonomis. Karakteristik kain tidak gampang kusut dan juga lembut. Kain juga terlihat lebih rapat dan kuat. Jadi, keawetannya juga lebih terjamin.

Itulah beberapa jenis kain yang bisa dijadikan baju seragam kerja. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang sudah disediakan oleh perusahaan. Selanjutnya, anda bisa berdiskusi dengan pihak konveksi baju seragam untuk mendapatkan keputusan yang terbaik. Selain memilih bahan terbaik, anda juga harus memilih penyedia jasa konveksi yang berkualitas. Banyak konveksi yang menawarkan harga murah.

Dalam hal ini, anda sebaiknya tidak mudah tertarik karena bisa saja hal tersebut hanyalah promosi saja. Jadi, dalam memilih jasa konveksi ini harus selalu waspada dan berhati-hati agar anda juga bisa mendapatkan hasil yang berkualitas.

Anda juga bisa melihat beberapa pelanggan dari konveksi tersebut. Apakah pelanggannya banyak atau tidak. Konveksi yang terpercaya pasti sudah memiliki banyak pelanggan karena produk yang dihasilkan bagus. Anda bisa meminta pendapat teman atau kenalan yang sudah pernah menggunakan jasa konveksi atau yang memiliki usaha konveksi.

Anda bisa berdiskusi banyak hal sehingga anda pun tidak akan tertipu. Salah satu konveksi yang terpercaya dan berkualitas yaitu konveksi karawang. Konveksi ini sudah menangani banyak pelanggan dalam pembuatan baju seragam berskala besar. Hasilnya pun tentu tidak mengecewakan.

Tinggalkan Balasan