Seragam Kerja Safety

Cara Memilih Seragam Kerja Safety yang Benar

24 Apr 22
Admin2
, , ,
No Comments

Desain seragam kerja safety pastinya akan sangat berbeda dengan desain baju batik untuk seragam kantor pada umumnya. Hal ini disebabkan oleh baju lapangan safety di desain dengan mengutamakan keselamatan kerja yang wajib digunakan ketika pekerjaan sedang berlangsung. Jika itu untuk baju kerja lapangan lengan panjang safety akan menggunakan bahan kain tebal dan safety.

Banyak tempat jual seragam kerja lapangan merancang lebih safety dan juga desain untuk dapat menunjang penampilan pada keseharian saat bekerja, maka dari itu Anda harus selalu lebih pintar dalam memilih baju kerja safety.

Mudahnya Memilih Seragam Kerja Safety

Ada banyak sekali jenis desain seragam kerja safety untuk digunakan oleh wanita maupun laki-laki. Hanya saja Anda harus dapat memilih agar lebih nyaman pada saat digunakan nantinya. Itulah kenapa Anda harus memperhatikan hal – hal di bawah ini sebelum memilihnya :

1.Pilih Baju Safety dengan Lengan Panjang atau Pendek

Jika Anda pergi ke toko baju seragam kerja terdekat dapat memilih berdasarkan bentuknya, baik itu seragam dengan desain lengan pendek, tiga perempat maupun panjang. Seragam safety lengan panjang akan sangat cocok digunakan sebagai baju lapangan karena dapat melindungi lengan dari berbagai hal yang tidak Anda inginkan.

Selain itu baju seragam lengan panjang ini juga dapat digunakan oleh perempuan yang menggunakan hijab dan harus bekerja di lapangan. Baik itu seragam pekerja tambang maupun baju kemeja wearpack dengan lengan panjang atau pendek sama saja, hal ini kembali dengan selera masing-masing.

2. Memilih Warna untuk Digunakan Pada Kemeja Lapangan

Warna yang sesuai dengan baju kerja PDH di lapangan umumnya akan mempunyai warna yang tidak akan terlalu cerah juga tidak terlalu gelap. Warna yang sudah sering digunakan yaitu biru navy, hijau army, biru, orange, merah dan lain sebagainya.

3. Memilih Bahan Kain yang Akan Digunakan

Bahan kain yang akan digunakan pada pakaian seragam kerja persit atau kemeja karyawan net TV dengan seragam safety akan sangat berbeda. Kemeja safety pada umumnya akan menggunakan bahan yang jauh lebih tebal seperti drill, tropical dan lain sebagainya. Agar lebih safety seragam ini biasanya akan memakai reflectror di bagian punggungnya dengan tujuan agar lebih safety ketika berada di tempat gelap. Namun, pemakaian reflectror ini akan bergantung dengan kebutuhan dengan artian hanya untuk pekerjaan tertentu saja seperti di pertambangan.

4. Hindari Menggunakan Bahan yang Mudah Terbakar

Banyak pekerjaan yang bekerja di daerah yang sangat rawan dengan ledakan sehingga Anda benar – benar harus lebih waspada terutama ketika memilih kombinasi seragam kerja untuk di lapangan proyek. Pilih bahan kain yang tidak akan mudah terbakar agar mampu meminimalkan dampak kecelakaan kerja.

Bidang pekerjaan yang sehari – hari bergelut dengan api misalnya seperti pemadam kebakaran harus menggunakan bahan anti api agar dapat memenuhi misinya dalam menyelamatkan nyawa korban. Jadi penting untuk membedakan bahan yang akan digunakan sebagai baju kerja bidan, seragam kerja kantor dan seragam corporate.

5. Menyesuaikan dengan Ukuran

Baik itu baju kerja ibi maupun baju kerja safety harus menyesuaikan dengan ukuran. Harus di ingat baju tersebut akan digunakan hampir setiap hari, maka Anda harus memilihnya berdasarkan ukuran. Jika Anda memilih baju seragam kerja lengan panjang wanita atau seragam kerja teknisi dengan ukuran yang terlalu besar maka ini merupakan bahaya karena baju dengan ukuran yang besar bisa menghalangi ruang gerak Anda.

Hal yang dapat terjadi lainnya adalah baju tersebut mudah tersangkut dengan mesin pada saat bekerja maupun Anda juga bisa terjatuh akibat baju yang terinjak dan lainnya. Oleh sebab itu untuk lebih meminimalkan angka kecelakaan kerja ketika membuat wearpack safety lengan pendek ini Anda harus memilih baju tersebut berdasarkan ukuran agar ruang gerak Anda tidak dapat terhalang.

Baju proyek pastinya akan digunakan dalam waktu lama dan hampir setiap hari, maka pilihlah yang memang benar – benar bisa membuat Anda merasa nyaman ketika digunakan. Hal ini juga berlaku bila Anda akan memilih seragam kerja perawat.

6. Menghindari Baju Berdasi

Walaupun jarang terlihat kemeja seragam kerja pria safety yang dilengkapi dengan dasi, tetapi harus diperingatkan bahwa jangan menggunakan dasi untuk baju safety proyek. Hal ini akan membahayakan para pekerja yang menggunakan baju tersebut. Jika Anda sibuk bergelut dengan mesin kera tiba – tiba dasi masuk ke dalam mesin sehingga membuat leher tercekik.

 Hal ini akan membuat nyawa Anda terancam, desain baju proyek harusnya yang lebih sederhana dengan lengan pendek. Hal terpenting adalah logo perusahaan supaya baju safety tersebut masih berkelas. Hal ini tidak berlaku bila Anda menggunakan baju seragam kerja Net TV atau seragam kerja ibi.

Fungsi Seragam Kerja Safety

Sebagai salah satu perlengkapan yang wajib untuk Anda gunakan pakaian seragam kantor safety ini digunakan untuk memberikan dukungan keselamatan kerja. Pastinya akan mempunyai banyak sekali fungsi dari baju dinas kerja tersebut. Hal ini akan membuat seseorang dapat bekerja di tempat yang memiliki risiko sekalipun karena potensi kecelakaan sudah dapat diminimalkan. Berikut ini adalah beberapa fungsi baju kerja safety :

1.Memberikan Perlindungan Pada Tubuh

Seragam kerja ini memiliki fungsi utama untuk melindungi tubuh dengan demikian pemakaian pakaian ini bisa memungkinkan para pekerja bekerja dengan lebih baik dan aman. Pakaian ini akan meminimalkan kontak permukaan kulit dengan hal – hal yang mengakibatkan bahaya.

Apalagi jika para pekerja tersebut berada di lingkungan yang lebih mudah terbakar. Keberadaan seragam kerja safety ini memang memiliki fungsi yang sangat penting, pakaian ini di desain dengan menggunakan bahan yang sudah tahan api secara otomatis sehingga dapat memberikan perlindungan pada tubuh dari percikan api maupun uap panas yang berbahaya.

2. Menjaga Kebersihan Pada Tubuh

Sama seperti ketika seseorang menggunakan seragam kerja dharma wanita persatuan maka hampir seluruh tubuh akan tertutup dengan pakaian tersebut. Hal ini pastinya akan membuat tubuh selalu dalam keadaan bersih dan terlindungi dari berbagai kotoran yang kapan saja dapat menempel. Itulah mengapa baik itu pekerja harus menggunakan pakaian tersebut agar tubuh dapat terhindar dari kotoran.

3. Identitas Kerja

Perusahaan maupun pabrik biasanya akan mendesain baju seragam pabrik secara khusus. Tujuannya adalah agar lebih mudah untuk membedakan para pekerjanya, ini berarti berguna sebagai identitas untuk para pekerja. Baik itu pemakaian baju seragam wanita kantor atau seragam kerja PNS memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan. Orang lain juga akan lebih mudah untuk membedakan level pekerjaan yang memakainya, divisi maupun asal perusahaan dari pekerja tersebut.

4. Agar Lebih Mudah Terlihat

Ada beberapa jenis seragam kerja dilengkapi dengan reflektor di pakaian tersebut, reflektor ini nantinya bisa memberikan pancaran cahaya sehingga ketika berada di ruangan gelap atau di malam hari dapat terlihat dengan mudah. Keberadaan reflektor ini menjadi fungsi dari seragam itu sendiri agar lebih mudah terlihat. Hal ini akan meminimalkan berbagai hal buruk ketika melakukan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan