Memilih Seragam Kerja

Cara Memilih Seragam Kerja dari Berbagai Macam Instansi Atau Perusahaan

26 Apr 22
Admin2
, , ,
No Comments

Sudah menjadi kebutuhan bagi perusahaan atau instansi untuk membuat baju seragam kerja. Akan tetapi, memilih seragamnya yang sesuai dengan perusahaan atau instansi memang bukan perkara yang mudah. Perlu survey terlebih dahulu baik model, warna, ukuran, kain, dan masih banyak lagi yang perlu dipersiapkan. Belum lagi menentukan konveksi yang cocok, pengerjaannya bagus, dan memberikan harga yang terjangkau tentunya memerlukan survey terlebih dahulu.

Seragam kerja biasanya ditentukan sesuai dengan instansi atau perusahaan masing-masing, misal seragam pekerja tambang. Berikut ini cara memilih seragam kerja dari beberapa instansi atau perusahaan yang perlu Anda ketahui, simak penjelasannya di bawah ini:

1.      Baju seragam kerja persit

Untuk pakaian seragam kerja persit umumnya ada 3 seragam, yakni pakaian seragam kerja, pakaian seragam resmi, dan pakaian seragam upacara. Untuk seragam upacara dikenakan pada saat mengikuti upacara yang dilakukan saat ziarah di TMP, memperingati hari-hari besar dan serah terima jabatan. Sedangkan untuk pakaian seragam resmi dikenakan pada saat hari ulang dharma pertiwi, persit, dan serah terima jabatan pada ketua umum. Pakaian seragam kerja biasanya dikenakan pada saat acara anjangsana dan bakti sosial.

Untuk pakaian seragam di lapangan mengenakan pakaian seragam persit dan mengenakan blazer batik saat menghadiri acara informal disesuaikan dengan situasi dan kondisinya. Beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat seragam kerja persit, yaitu wool, semi wool, sritex, dan aldo yang memiliki kualitas yang bagus. Bahan jenis aldo bila dikenakan akan terasa dingin, kelemahannya warna jenis bahan ini cepat pudar dan mudah kusut saat disetrika. Bahan jenis sritex dan wool terbilang sangat awet dan tebal namun sedikit terasa panas jika dikenakan di siang hari.

Untuk kain jenis semi wool warnanya tidak mudah pudar dan awet, juga tidak terlalu panas saat dikenakan meskipun di siang hari. Model desainnya disesuaikan dengan selera masing-masing.

2.      Baju seragam pekerja tambang

Bagi Anda yang bekerja di lapangan tentunya membutuhkan baju lapangan safety untuk keselamatan Anda. Apalagi pekerjaan Anda di pertambangan, tentunya penggunaan seragam sangat diperhatikan betul untuk melindungi dari kecelakaan kerja ataupun paparan dari sinar matahari, sehingga desain yang dibutuhkan untuk membuat seragam pekerja tambang sejenis wearpack.

Untuk warnanya disesuaikan dengan wewenang dari perusahaan itu sendiri, sedangkan bahannya menggunakan wearpack atau APD. Seragam pekerja tambang di desain sedemikian rupa sebagai seragam kerja safety untuk menghindari dari terjadinya kecelakaan kerja.

3.      Baju kerja IBI

Bagi Anda yang berprofesi sebagai bidan, tentu membutuhkan baju IBI untuk pakaian seragam di lapangan. Baju kerja IBI bermotif batik dengan model blouse formal seperti baju kantoran. Seragam IBI dilengkapi dengan pin IBI, pembuatannya menggunakan kain yang dingin dan mudah menyerap keringat.

Tinggalkan Balasan