Perlengkapan Konveksi Baju Bekasi 

Mau usahan jualan Perlengkapan Konveksi Baju Bekasi? Membuka usaha konveksi berbeda dengan membuka usaha jahitan rumah karena kelas konveksi baju Bekasi butuh peralatan yang lebih lengkap dan tenaga yang lebih banyak. Untuk usaha jahitan rumah, Anda mungkin cukup menyediakan mesin jahit 1 buah, mesin obras 1 buah dan mesin itik-itik 1 buah. Mesin itik-itik yaitu sebuah mesin yang dipakai untuk melubangi kancing, jika kancing dimasukkan ke dalam lubang yang bagian sisinya dilingkari dengan benang.

Kelas konveksi, wajib memiliki daftar peralatan di bawah ini!

1. Mesin Jahit

Mesin jahit untuk konveksi sedikit berbeda dengan mesin jahit rumahan, dinamo yang dipakai lebih besar daripada dinamo pada mesin jahit rumahan otomatis butuh daya listrik yang besar juga. Kuota mesin jahit konveksi minimal ada 50 buah, untuk setiap mesinnya dilakukan oleh seorang tukang ahli. Konveksi minimal memiliki tenaga sekitar 50 orang untuk memegang semua bagian.

2. Mesin Obras

Adalah mesin yang dipakai untuk merapikan bekas jahitan di sisi kain setelah dilakukan pemotongan, memakai benang tipis atau disebut dengan benang sutra. Pola jahitannya juga bergelombang seirama dan unik, jika mesin ini tidak ada maka jahitan akan terlihat berlekuk tajam dan tidak rapi.

3. Mesin Itik-Itik

Mesin itik-itik merupakan mesin yang juga wajib ada karena tugasnya membuat lubang untuk kancing baju. Mesin ini memang tidak terlalu banyak bekerja apabila Anda membuka usaha konveksi karawang celana atau kaos karena jumlah pelubangan kancingnya tidak banyak. Untuk agen konveksi baju apapun wajib memiliki mesin ini minimal 5 buah agar pekerjaan deadline cepat selesai.

4. Mesin Setrika

Mesin setrika uap bertugas untuk merapikan busana setelah selesai dijahit. Proses ini termasuk dalam.proses finishing konveksi baju, kemudian setelahnya dilakukan pengemasan dalam plastik bening dengan landasan kertas tebal. Suhu yang dipakai mesin setrika ini disesuaikan dengan jenis bahan yang diletakkan, bahan baju memiliki serat tipis sehingga pengepresan dengan setrika uap tidak boleh terlalu panas dan lama, akibatnya akan menimbulkan kilauan pada kain.

5. Mesin Potong

Mesin potong bertugas dalam memotong kain yang telah dibuat pola sebelumnya. Dengan pola dan ukuran yang sama misalnya ukuran S, M. Mesin potongan stabil agar tidak terjadi human error selama pengerjaan. Berbeda jika Anda memakai jasa tenaga manusia untuk memotong kain yang cukup sulit maka kerusakan kain bisa saja terjadi. Kerusakan kain tidak bisa dikembalikan lagi kecuali ukuran potongannya lebih besar.

6. Mesin Pasang Kancing

Mesin ini dipakai untuk memasang kancing bungkus, kancing biasa atau kancing untuk bahan jeans (keras). Hasilnya akan lebih bagus dan lebih menghemat pengeluaran untuk membeli model kancing yang sesuai busana.

Jadi, itulah mesin yang wajib ada untuk agen konveksi baju.

Tinggalkan Balasan