Merawat Seragam Kerja

Tips Merawat Seragam Kerja, Dijamin Bikin Baju Awet

29 Apr 22
Admin2
, ,
No Comments

Seragam kerja merupakan pakaian yang memerlukan perawatan lebih ekstra dibandingkan dengan pakaian pada umumnya. Berikut kami ulas tentang tips merawat baju seragam kerja yang baik agar tetap awet:

Cara Mencuci Seragam Kerja

Mencuci merupakan hal wajib yang kita lakukan ketika baju sudah kotor atau bau. Ternyata, cara mencuci seragam kerja tidaklah sama dengan pakaian lainnya. Pada saat proses pencucian awali dengan merendam seragam tanpa dicampur dengan pakaian lain. Hal tersebut untuk menghindari bau dan kelunturan baju. Waktu perendaman pun sebaiknya tidak lebih dari 30 menit.

Selian itu bila seragam kerja anda berwarna putih seperti seragam kerja perawat, cara mencucinya pun berbeda. Anda dapat menambahkan pemutih pada seragam tersebut agar warna tidak pudar atau menghilangkan noda membandel yang membuat baju nampak kotor.

Saat proses pencucian sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci untuk menghindari kerusakan pada serat baju, anda bisa menguceknya secara hati – hati. Pemilihan detergen juga sangat penting. Pilihlah detergen yang mengandung formula soft, anda juga dapat menambahkan pelembut baju pada pencucian seragam kerja tersebut.

Proses Penjemuran

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah proses penjemuran baju. Disarankan untuk menjemur baju dengan posisi terbalik yaitu bagian luar baju dibalik menjadi bagian dalam baju, hal tersebut berguna untuk menghindari pemudaran warna pada seragam kerja.

Misal anda memiliki kombinasi seragam kerja yang berwarna gelap, dengan membalik seragam saat menjemur membantu menghindari dari debu dan serat yang menempel. Selanjutnya, pilihlah tepat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari langsung. Hal penting lainnya yaitu tidak perlu memeras seragam kerja ketika mencucinya.

Menyetrika Seragam Kerja

Dalam proses penyetrikaan kerja gunakan suhu yang sesuai dengan jenis kain dari seragam kerja anda. Misal anda memiliki baju seragam kerja Net TV, jenis kain yang digunakan pada seragam tersebut adalah kain tropical.

Pentingnya mengetahui jenis kain dan namanya pada seragam kerja agar menghindari suhu yang terlalu panas karena faktanya tidak semua kain cocok dengan suhu yang panas, malah akan ada yang terbakar dan rusak.

Anda juga bisa menggunakan setrika steam atau uap dan pilih setrika yang memiliki lapis bahan Teflon di bawahnya. Selain itu anda dianjurkan untuk tidak melipatnya, lebih baik digantung saja, untuk menghindari bekas garis pada seragam kerja milik anda.

Cara menyimpan Seragam Kerja

Simpanlah seragam kerja milik anda di ruangan tidak lembap. Misal anda memiliki seragam kerja safety, hindari suhu lembap agar seragam tidak dihinggapi jamur agar saat pemakaian tidak menimbulkan reaksi alergi seperti gatal – gatal.

Disarankan untuk mempunyai plastik khusus untuk seragam, hal tersebut menghindari seragam terkena debu apabila tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Tinggalkan Balasan