Konveksi seragam kerja

Jasa Konveksi untuk Memenuhi Kebutuhan Seragam Kerja Kantor dan Pabrik

Mencari jasa konveksi untuk kebutuhan seragam kantor dan pabrik? Sebagai makhluk hidup yang masih bernyawa, maka manusia tidak akan lepas dari kebutuhannya selama di dunia ini. Semua kebutuhan yang diperlukan harus dipenuhi untuk sebagai penunjang agar dapat bertahan hidup. Kebutuhan manusia ini digolongkan menjadi 3 tingkatan yaitu kebutuhan primer, sekunder, tersier. Kebutuhan pokok paling utama, kebutuhan penunjang, dan kebutuhan opsional.

Untuk dapat hidup, manusia harus memenuhi kebutuhan primer terdahulu, yaitu memenuhi sandang, pangan, papan. Sandang menjadi salah satu kebutuhan yang juga penting. Sebab, selain sebagai untuk kesopanan karena menutup aurat tubuh , pakaian dapat melindungi kulit dari UV, bahkan dewasa ini, pakaian sudah menjadi gaya hidup yang mana memiliki model yang beragam dengan berbagai brand beragam baik yang paling murah hingga brand yang paling mahal. Terkadang pakaian menjadi simbol status sosial seseorang utamanya pakaian yang memiliki merek terkenal, karena memiliki harga yang terbilang mahal.

Pakaian juga memiliki fungsi dalam menunjukan identitas profesi atau tempat kerja seseorang, karena terdapat logo atau nama serta warna yang menunjukkan identitas nama. Jenis pakaian ini disebut dengan baju seragam kerja. Lalu seperti apa itu seragam dan fungsinya seperti apa?

Mengenal asal muasal seragam

Saat ini pasti kita sudah tidak asing lagi dengan seragam. Jenis pakaian yang banyak digunakan dalam instansi perkantoran atau perusahaan ini, telah memiliki fungsi ganda yang tidak ada menjadi pelindung tubuh namun juga memberikan fungsi sebagai tanda pengenal atau identitas.

Seragam berasal dari kata dasar “ragam” yang bermakna banyak jenis atau sesuatu hal yang memiliki banyak jenis dan juga banyak macam yang memiliki 2 atau lebih variasi dengan memiliki perbedaan di masing-masing jenisnya. Berbeda dengan kata “seragam”, yang mana memiliki makna “sama”, yaitu satu sama lain memiliki bentuk yang sama secara keseluruhan, jika ada perbedaan hanya minor dan tidak terlalu terlihat. Namun di Indonesia sendiri, kata seragam sendiri mengacu pada makna jenis pakaian dengan bentuk yang sama.

Seragam merupakan seperangkat pakaian yang pada umumnya digunakan secara bersamaan dengan model, motif, maupun jenis bahan yang sama dan dikenakan oleh sebuah instansi atau organisasi sebagai bentuk partisipasi dan kewajiban pada instansi atau organisasi yang diikuti. Perlu anda ketahui jika melaksanakan kegiatan dengan menggunakan seragam ini, telah ada secara umum dan dikenal sejak zaman dulu. Awal mula penggunaan seragam, yaitu pertama kali saat seragam dikenakan oleh tentara kekaisaran Romawi yang sudah ada berabad-abad lalu dengan makna sebagai simbol kesatuan dari pasukan tentara romawi, dan seragam ini juga dapat membedakan pasukan kubu lawan dengan kubu kawan saat perang terjadi.

Penggunaan baju seragam kerja semakin kesini semakin berkembang, dan secara umum dapat dilihat seperti pegawai restoran bahkan pedagang kaki lima juga telah berseragam.

Mengenal konveksi dan jasa jahit lainnya

Anda yang bekerja di sebuah instansi atau perusahaan dan mungkin bergabung dalam komunitas atau organisasi. Seragam menjadi kostum menjadi cukup penting, sebagai identitas agar mudah dikenali baik sesama anggota atau pegawai dan juga masyarakat. Maknanya, jika mudah dikenali hal ini akan berdampak pada hal positif, baik untuk image dari perusahaan atau instansi serta produk jasa atau barang yang mereka tawarkan.

Jadi, bagi anda yang mungkin kantornya belum memiliki baju seragam kerja, anda dapat segera membuatnya. Bisa dimulai dari membuat desain yang diinginkan terlebih dahulu, kemudian mencari jasa penjahit untuk mengerjakannya. Namun akan lebih jika anda menggunakan jasa konveksi seragam kerja, jika baju yang ingin anda pesan dalam jumlah yang banyak. Lantas, apa bedanya apa dengan jasa penjahit biasa?

Konveksi merupakan industri kecil rumahan yang melayani serta menjadi tempat pembuatan pakaian siap pakai seperti kemeja, celana, kaos, jaket, dan jenis pakain lainnya dengan mesin berkisar 20 buah atau bisa lebih . Dengan minimal pemesanan dibawah hingga mencapai 1000 potong pakaian. Banyak konveksi yang berkualitas dan profesional dan dapat mengerjakan pemesanan anda dengan hasil yang memuaskan salah satunya di konveksi Karawang.

Konveksi berbeda dengan jasa jahit biasa dan juga perusahaan garmen. Jasa penjahit biasa, merupakan usaha rumahan dengan melayani jasa pembuatan baju, pemasangan aksesoris, dan perbaikan pada bagian tertentu (mengecilkan atau memperbesar).

Penjahit biasanya melayani jasa dalam jumlah yang lebih sedikit berkisar 1 hingga 5 potong dengan peralatan standar, dengan jumlah mesin jahat rata-rata 1-3 buah. Sedangkan garmen, merupakan usaha berbasis nasional hingga internasional dengan alat yang lengkap dan canggih serta memiliki banyak pegawai dengan gaji UMR dan jam kerja tertentu. Garmen memiliki pabrik sebagai tempat produksi, biasanya menerima pemesanan dengan jumlah partai besar berkisar 10.000 potong atau lebih.

Kain sebagai bahan pembuatan bahan

Anda yang berencana membuat seragam kerja dan telah menemukan jasa konveksi seragam kerja untuk kantor anda, anda perlu mengetahui jenis-jenis kain yang cocok untuk jadi bahan seragam kerja anda dan rekan-rekan anda. Agar anda tidak salah memilih atau berakhir tidak nyaman dipakai. Selian rugi uang, salah pemilihan kain juga berakibat pada pemakaian yang tidak nyaman.

Berikut beberapa bahan kain yang dapat anda minta pada konveksi seragam kerja yang anda pilih dan anda percaya.

Kain american drill.

Memiliki serta sedang, dengan karakteristik permukaan kain yang lembut dengan tekstur yang halus. Kain ini terbuat dari bahan katun dan polyester, yang mampu menyerap air dengan baik.

Kain japan drill.

Memiliki serat yang besar, dengan karakteristik lebih kuat dan tebal. Kain ini sangat direkomendasikan untuk pembuatan seragam lapangan.

Kain Nagata Drill.

Masuk dalam kategori japan drill, kain ini memiliki komposisi katun lebih banyak dan lebih nyaman dibandingkan japan drill.

Kain Taipan Drill.

Terbuat dari campuran 70% katun dan 30% teteron. Memiliki karakteristik lentur dan tidak mudah kusut dengan permukaan yang halus. Taipan drill juga dapat menyerap air dengan baik. Kain jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan baju seragam PNS.

Kain High Twist.

Jenis bahan kain ini terlihat mengkilap dan juga rapi, dan biasa digunakan untuk pembuatan jaket, semi jas, blazer, dan juga celana. Kain ini cenderung panas, karena mengandung bahan sintetis.  Bahan kain ini memiliki berbagai nama dan juga merek dengan berbagai kualitas.

Kain Oxford.

Berbeda dengan kain drill, kain yang disebut oxford  ini memiliki jalinan benang pintalannya yang terdiri dari semacam titik-titik menyerupai pixel dalam sebuah resolusi gambar. Lebih tipis dari kain drill, kain oxford umumnya digunakan untuk pembuatan seragam sekolah.

Manfaat Dan Fungsi  Seragam Kerja

Tidak hanya sekedar pakaian yang diwajibkan oleh instansi atau perusahaan, baju seragam kerja memiliki beberapa fungsi dan manfaat yang penting selain melindungi dan menutupi tubuh anda. berikut beberapa manfaat dari seragam kerja yang anda kenakan.

Identitas perusahaan.

Hampir semua perusahaan baik pelayanan produk atau jasa serta instansi pelayanan publik menggunakan seragam saat sedang menjalankan tugas. Hal ini bertujuan sebagai bentuk identitas, sehingga pelanggan akan lebih mudah untuk menemukan anda utamanya saat mereka membutuhkan bantuan. Karena itulah, seragam ini bisa dibilang cukup penting.

Lebih efektif.

Bagi anda yang bekerja dengan berpakaian bebas rapi, tentu akan sedikit kesulitan, setiap hari berganti pakaian dan juga harus  memilih pakaian yang akan dikenakan terlebih jika stok baju habis karena kotor pasti anda akan kebingungan. Dengan adanya seragam kerja ini, akan lebih memudahkan anda untuk berpakaian, karena sudah tau akan memakai baju apa. Dan tentunya anda lebih hemat waktu untuk bersiap-siap ketika berangkat.

Memberikan kesan profesional.

Saat anda bekerja menggunakan seragam, anda akan jauh terlihat profesional utamanya bagi publik.

Melindungi pemakai.

Dalam beberapa profesi tertentu, terdapat standar keamanan yang harus dipakai oleh  staf atau pegawai, seperti jenis pakaian tertentu, penggunaan helm, sepatu dan beberapa standar lainnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi pemakai dari kecelakaan saat kerja yang tentunya disesuaikan dengan lingkungan tempat bekerja.

Tinggalkan Balasan