Baju Seragam Kerja

Fungsi Baju Seragam Kerja Dan Bagaimana Memilih Konveksi Terbaik

Baju seragam kerja adalah seperangkat pakaian yang harus dipakai saat kerja berlangsung. Pemakaian seragam kerja ini diatur oleh organisasi perusahaan sebagai identitas dari perusahaan tersebut. Setiap perusahaan atau tempat kerja memiliki seragam yang berbeda-beda. Seragam kerja ini dipakai oleh seluruh civitas perusahaan seperti; direktur, asisten, manager, juga pekerja lainnya.

Setiap perusahaan di Indonesia ini tidak lepas dari baju seragam kerja karena adanya seragam juga bisa memberikan citra positif perusahaan. Tidak hanya itu, seragam juga menjadi media promosi untuk meningkatkan produktivitas para karyawannya. Tak heran jika karyawan akan merasa bangga saat memakai baju seragam kerja dari perusahaan dimana ia bekerja. Setiap perusahaan biasanya tidak hanya memiliki satu baju seragam, akan tetapi bisa lebih dari satu agar bisa dipakai di hari yang berbeda.

Fungsi seragam kerja 

Adanya seragam kerja akan memberikan dampak positif bagi semua karyawan dan juga perusahaan itu sendiri. Adapun fungsi baju seragam kerja ini adalah sebagai berikut;

  1. Sebagai identitas atau tanda pengenal baik itu bagi karyawan maupun perusahaan.
  2. Sebagai media promosi . Promosi ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi perusahaan.
  3. Dapat memberikan citra positif bagi perusahaan dan bisa menjadi arti dari jenis perusahaan yang dikerjakan.
  4. Dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan antar karyawan di perusahaan tertentu.
  5. Menjadi kebanggan bagi para penggunanya.
  6. Sebagai pelindung pemakainya. Pemilihan baju seragam biasanya disesuaikan dengan cuaca serta lingkungan tempat anda bekerja. Seragam untuk karyawan yang bekerja indoor akan berbeda dengan karyawan yang kerjanya outdoor. Ada istilah kemeja PDL atau kemeja PDH, dimana kemeja tersebut memiliki desain khusus yang memang disesuaikan dengan tempat kerja.
  7. Memberikan kesan profesional bagi pemakainya. Contohnya seragam PNS, tentara, guru, atau jenis perusahaan lainnya.
  8. Meningkatkan keefektifan bagi karyawan karena tidak perlu khawatir dan bingung lagi harus mengenakan apa ke kantor. Tidak hanya itu, karyawan akan lebih hemat waktu saat akan pergi ke kantor.
  9. Dapat meningkatkan motivasi kerja. Semangat kerja akan bertambah saat karyawan sudah mengenakan kerja setiap harinya. Terlebih lagi pada seragam kerja tersebut juga terdapat logo atau tagline perusahaan. Hal inilah yang akan menjadikan karyawan lebih bersemangat lagi dalam melakukan pekerjaannya.

Pemilihan baju seragam kerja 

Mengetahui beberapa fungsi baju seragam kerja di atas, tentunya dalam memilih baju seragam kerja ini tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu;

Jenis bahan yang digunakan 

Bahan dari baju seragam adalah hal yang perlu anda pertimbangkan. Mengapa? karena hal ini akan menentukan kenyamanan anda saat bekerja. Banyak bahan kain yang bisa anda pilih, mulai dari bahan katun yang mudah menyerap keringat hingga polyester atau nilon yang biasanya cocok dipilih untuk dijadikan bahan seragam. Lebih dari itu, anda juga harus mempertimbangkan apakah karyawan tersebut kerjanya indoor atau outdoor. Jika memang lebih sering bekerja di dalam ruangan atau indoor, maka polyester atau nilon bisa menjadi pilihan karena bahan tersebut cocok untuk karyawan yang kerjanya di ruang ber-AC.

Warna seragam 

Selain bahan, hal lain yang bisa menjadi pertimbangan yaitu pemilihan warna seragam tersebut. Dalam hal ini, anda bisa menyesuaikan dengan brand perusahaan. Tujuannya adalah untuk menonjolkan identitas perusahaan. Anda bisa memilih warna-warna netral seperti hitam, putih, atau navy. Selain netral, warna-warna tersebut juga membuat logo perusahaan terlihat kontras sehingga lebih tampak. Namun, jika warna-warna netral kurang disukai, anda bisa memilih warna lain yang sesuai dan pastikan logo tetap terlihat.

Jumlah kebutuhan seragam 

Kebutuhan akan seragam tentu tidak sedikit. Dalam hal ini, anda bisa memilih konveksi seragam kerja untuk lebih menghemat biaya pengeluaran. Harga konveksi biasanya lebih murah, terlebih jika memesannya dalam jumlah banyak. Anda juga harus memesan seragam lebih. Artinya, tidak dalam jumlah yang pas. Anda juga harus pikirkan jika perusahaan menerima karyawan baru yang tentunya juga membutuhkan seragam. Jadi saat memesan seragam sebaiknya jumlahnya dilebihkan.

Beberapa pertimbangan di atas dapat menjadi acuan untuk anda sehingga anda pun tidak akan salah pesan seragam. Jika anda masih merasa bingung, seragam seperti apa yang akan anda pilih, anda bisa berdiskusi bersama tim desain, lalu membuat beberapa contoh untuk dijadikan bahan pilihan. Anda juga bisa meminta pendapat karyawan lain saat memilihnya. Seragam tidak hanya mencerminkan perusahaan itu, namun juga harus nyaman dipakai dan dilihat.

Memilih konveksi terbaik 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa seragam kerja biasanya dibuat dalam jumlah banyak. Selain itu, baju seragam kerja ini sangat penting adanya sehingga anda pun harus memilih konveksi terbaik agar mendapatkan hasil yang bagus pula. Berikut tips untuk memilih konveksi terbaik untuk anda.

Latar belakang konveksi 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah bagaimana latar belakang konveksi tersebut. Dalam hal ini, anda bisa mencari informasi di internet atau melalui orang-orang yang sudah pernah menggunakan jasanya. Artinya, anda harus mengetahui bagaimana track record konveksi tersebut. Setidaknya dengan mengetahui track recordnya, anda akan memiliki gambaran untuk menggunakan jasanya atau tidak.

Memilih yang terjangkau dan sesuai anggaran perusahaan 

Di setiap daerah tentunya ada banyak penyedia jasa konveksi dan masing-masing pasti memiliki kisaran harga yang beragam. Dalam hal ini, anda sebaiknya memilih penyedia jasa konveksi yang memiliki harga terjangkau dan sesuai dengan anggaran yang disediakan oleh perusahaan. Dengan begitu, anda bisa menekan budget pengeluaran untuk pembuatan seragam ini.

Tepat dalam memilih bahan 

Bahan adalah hal penting yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan seragam karena hal ini berkaitan dengan kenyamanan anda saat bekerja. Artinya, konveksi yang anda pilih bisa memilih bahan yang tepat untuk seragam anda. Dalam pemilihan bahan ini, hal yang harus dipertimbangkan yaitu ketebalan bahan, kelembutan bahan, dan kehalusan bahan.

Pembuatan yang tepat waktu 

Setiap perusahaan tentunya menginginkan konveksi yang bisa menyelesaikan seragamnya tepat waktu. Untuk itu, terkait waktu ini bisa anda bicarakan terlebih dahulu dengan pihak konveksi, kira-kira berapa lama seragam tersebut akan selesai. Waktu penyelesaian sebaiknya tidak terlalu lama karena seragam tersebut akan segera digunakan oleh para karyawan perusahaan.

Proses pengerjaan baik

Selain waktu, kualitas pengerjaan baju seragam juga penting untuk anda perhatikan. Percuma saja jika proses pengerjaannya cepat, namun hasilnya kurang bagus. Dalam proses pengerjaan ini, ada beberapa hal yang bisa menjadi acuan, antara lain; kerapihan jahitan, kekuatan jahitan, dan kebersihan terhadap hasil jahitan.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih konveksi terbaik. Saat ini, untuk memilih konveksi tidaklah sulit karena bisa dilakukan secara online. Namun, jika anda ragu, anda bisa datang langsung ke tempat konveksi dan memastikan apakah konveksi yang anda pilih adalah yang terbaik. Bagi anda yang ada di daerah Karawang, Konveksi Karawang bisa menjadi pilihan anda jika anda ingin membuat seragam kerja dalam jumlah yang banyak.

Tinggalkan Balasan