Seragam Kerja Lapangan

Tips dan Solusi Mengatasi Permasalahan Seragam Kerja Lapangan

Banyak pekerjaan yang mengharuskan kita untuk terjun langsung ke lapangan. Misalnya seorang mandor, seseorang yang bekerja di bidang perhutanan, pertanian, peternakan, geologi, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang banyak dikeluhkan oleh pekerja ketika harus bekerja di luar ruangan adalah seragam yang digunakan. Banyak seragam yang memiliki bahan yang tidak sesuai. Akhirnya banyak karyawan yang menggunakannya merasa kegerahan dan tidak nyaman.

Lantas bagaimana menyiasati permasalahan dari seragam kerja lapangan yang sering dikeluhkan? Ini dia beberapa tips untuk mengurangi protes pegawai dan meningkatkan kinerja mereka.

Sebagai pemilik, kita harus paham betul mengenai kondisi lapangan tempat pegawai bekerja. Kita tak bisa membandingkan tempat bekerja yang dingin dengan tempat bekerja yang memiliki kondisi cukup panas.

Memahami jam kerja karyawan yang bekerja. Tak bisa kita samakan seseorang yang bekerja di pagi hari, siang hari, dan malam hari. Setidaknya ada yang membedakan ketiga jam pekerjaan tersebut.

Memilih bahan yang tepat untuk bekerja. Memilih seragam kerja lapangan yang cocok untuk digunakan dalam berkegiatan menjadi salah satu poin penting yang tak bisa begitu saja dilupakan. Hal itu tentunya untuk menambah kenyamanan pegawai ketika bekerja.

Berbicara mengenai seragam kerja lapangan, ada banyak bahan yang sangat cocok untuk Anda pilih. Ini dia deretan bahan dalam pembuatan seragam yang bisa dipilih.

Katun Drill

Bahan pertama yang bisa Anda jadikan pilihan adalah bahan drill. Mengapa begitu? Bahan ini biasanya terbuat dari kain katun atau polyester. Bahannya yang tipis dan ringan, membuatnya sering digunakan dalam pembuatan kemeja, jaket, blus, dan pakaian lainnya, termasuk untuk seragam kerja lapangan. Bahan ini terbilang memiliki tekstur permukaannya yang sedikit kasar dengan serat garis yang cukup tebal.

Dari kain drill ini, kita bisa menemukan beberapa jenis lainnya yang termasuk dalam golongan kain drill. Twin drill, yaitu kain katun drill yang memiliki serat paling kecil. American drill kain dengan serat yang sedang. Terakhir Japan drill yang memiliki serat paling besar.

Di antara ketiga bahan tersebut, American drill menjadi primadona yang paling banyak digunakan untuk membuat seragam dengan alasan bahannya yang adem.

Kain kanvas

Bahan berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah kain kanvas. Mungkin kebanyakan dari Anda sering mendengar jenis kain yang satu ini, namun biasanya digunakan sebagai alas melukis, bahan tas, atau mungkin bahan sepatu. Namun siapa sangka bahwa jenis kain yang satu ini dapat digunakan untuk membuat seragam lapangan.

Bahan ini memiliki tekstur serat yang terbilang cukup besar, bahkan lebih besar dari kain drill. Namun siapa sangka, dengan besar serat yang dimilikinya, baju dengan menggunakan kain jenis ini mampu membantu pekerja menahan atau menghalangi gesekan alat-alat yang sering digunakan.

 

Tinggalkan Balasan