Jenis – Jenis Bahan Kain yang Bagus untuk Digunakan Pada Seragam Kerja Lapangan Lengan Panjang

09 Apr 22
Admin2
, , , ,
one comments

Seragam kerja lapangan lengan panjang pastinya harus menggunakan bahan yang bagus karena setiap harinya akan menggunakan baju kerja keki agar dapat menunjang lingkungan kerja yang lebih kondusif. Maka tidak akan heran bila untuk masing-masing perusahaan mempunyai seragam kerja terkeren yang pastinya sudah dilakukan perhitungan pada saat memilih jenis bahan kain pada seragam kerja formal terserah.

Harus Anda ketahui dalam pemilihan jenis kain yang akan digunakan pada baju seragam kerja kombinasi batik perusahaan atau kantor memang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa jenis bahan yang nantinya untuk bisa dipilih. Namun, masing-masing bahannya mempunyai karakteristik tersendiri sehingga Anda harus memahaminya terlebih dahulu supaya tidak salah memilih.

Jika Anda ingin membuat seragam kerja murah di jasa konveksi pastinya akan bertanya – tanya, mau menggunakan jenis bahan yang seperti apa ? Lalu jenis bahan baju seragam kerja kombinasi apa saja yang baik untuk digunakan ?

Kain Drill

Bahan dasar seragam kerja lapangan lengan panjang yang paling sering dan banyak digunakan adalah kain drill. Bahan Drill ini merupakan jenis kain yang mempunyai tekstur dengan pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang sangat kuat. Material yang digunakan juga membuat jenis kain drill ini memiliki berbagai macam variasi ada yang berupa katun murni 100% dan campuran dari katun beserta polyester.

Jika dahulu kain drill dipakai untuk membuat seragam tentara Inggris dan India yang dikenal dengan sebutan khaki drill. Itulah mengapa saat ini kain ini banyak digunakan untuk seragam kerja keren. Berdasarkan dari ukuran serat pintalan kain drill masih dibagi lagi menjadi tiga bagian, yaitu twist atau twill drill yang menjadi kain drill dengan serat yang terkecil, American drill mempunyai serat pintalan kain yang berukuran menengah atau sedang dan Japan drill menjadi bahan drill yang mempunyai serat paling tebal dibandingkan dengan jenis kain drill yang lainnya.

Kain drill ini juga memiliki karakteristik tekstur pintalan yang secara visual terlihat berupa garis – garis miring atau diagonal, permukaan kain yang memiliki tekstur cukup lembut, kain mempunyai jalinan atau tenunan yang kuat dan kokoh, tidak mudah kusut dan permukaan kain antara bagian depan dan belakang sangat berbeda. Bahan ini juga tidak gerah dan panas bila dikenakan sebagai pakaian, walaupun berbahan tebal masih terasa adem dan nyaman sehingga akan sangat cocok bila digunakan sebagai baju seragam tambang batubara.

Kain Oxford

Bahan kain Oxford yang paling sering digunakan untuk seragam kerja satuan, karakteristik dari ini adalah memiliki serat yang rapat dan halus sehingga membuat ketebalannya sangat pas tetapi masih terasa sangat lentur. Selain itu memiliki tekstur rata dengan serat yang rapi dan juga rapat, hal inilah bisa terlihat pada benang yang tampak layaknya titik – titik. Karakteristik lainnya katun Oxford akan sangat terasa ringan pada saat digunakan, tekstur rata dan juga terlihat rapi serta lembut dan mempunyai ketebalan yang pas, tidak terlalu tebal maupun tipis.

Kelebihan kain ini terletak pada ringan dan tipisnya serat benang, sehingga tidak akan terasa panas pada saat digunakan. Untuk harga jualnya sendiri bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan kain drill. Beberapa katun Oxford yang biasanya dijual di pasaran sering digunakan untuk bahan kemeja, seragam kerja laki laki, gamis, baju koko dan blus wanita.

Kekurangan dari kain Oxford ini terletak pada area yang dibordir yang akan terlihat lebih mengkerut, sehingga akan mengurangi estetika keindahan dari seragam secara umum. Solusi untuk kekurangan ini dan biar lebih nyaman digunakan sebagai kemeja kerja seragam maka menggunakan metode bordir badge atau bordir tempel dimana bordir sudah diaplikasikan terlebih dahulu pada kain yang lainnya dan dijahit pada kain Oxford.

Kain RipTop

Bahan seragam kantor batik kombinasi polos dan juga untuk baju seragam kerja perempuan yang berjenis Riptop ini mempunyai karakter yang masih kurang lebih sama dengan jenis kain kanvas. Mempunyai kain yang cukup tebal dan juga kuat, serta sangat sering digunakan untuk baju seragam kerja tambang dan baju kerja net.

Perbedaannya hanya terletak di bagian motif kain yang umumnya berbentuk garis kotak – kotak yang kecil, tidak seperti layaknya kain kanvas yang tidak mempunyai motif, maupun polos saja. Motif yang ada di sini bukan hanya sekedar warna, tetapi seperti terdapat garis – garis di permukaan kain yang lainnya. Umumnya untuk jenis kain yang akan digunakan untuk keperluan seragam kerja honda.

Kain Denim

Biasanya bahan ini sering digunakan sebagai seragam kantor kombinasi batik dan sering di pesan seragam kantor yang paling diminati, yaitu bahan Denim atau Chambray. Umumnya bahan ini serius digunakan sebagai celana atau kombinasi baju seragam kerja batik tetapi untuk jenis Denim tertentu bisa digunakan untuk pakaian kemeja maupun seragam kerja muslimah.

Bahan Denim yang akan digunakan pada kemeja baju kerja indihome pastinya akan lebih tipis dari bahan Denim untuk celana. Serat kainnya kecil dan cukup lentur bila dibandingkan dengan bahan kanvas maupun Ripstock. Sisi dalam kain ini sangat berbeda dengan sisi yang ada di luar. Pastinya bahan ini tidak akan cocok digunakan sebagai baju kerja dinas maupun baju kerja pemda dan juga baju dinas kerja wanita karena kurang formal.

Kain Kanvas

Kain kanvas ini memang cukup panas ketika akan digunakan, tidak akan sedingin bahan baju kerja net yang berasal dari drill. Bahan ini umumnya dapat digunakan untuk jaket, celana maupun tas. Pastinya ketebalan beserta komposisi dari bahan kanvas yang cocok untuk digunakan sebagai kemeja dan kaos seragam kerja wanita akan berbeda dengan yang nantinya digunakan untuk tas.

Umumnya pada kemeja akan memiliki komposisi kain katun yang lebih dominan sedangkan kanvas pada tas mempunyai komposisi polyester yang jauh lebih banyak, agar lebih tahan terhadap percikan air. Bahan dari kain kanvas yang sering dikombinasikan dengan baju seragam batik kerja wanita dapat digunakan untuk kemeja yang biasanya bermerek kanvas Oxford, kanvas Marsoto dll.

Penjelasan yang ada di atas merupakan jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan seragam kerja lapangan lengan panjang. Jenis – jenis kain tersebut memiliki harga yang beragam setara dengan harga baju seragam kerja wanita yang sering Anda beli. Jika nantinya Anda pergi ke jasa konveksi baju seragam batik kantor maka dapat memiliki jenis kain yang ada di atas.

Terkait dengan warna kain, tidak semua warna yang di desain bisa sama persis seperti warna kain aslinya. Biasanya ada jasa konveksi yang akan membantu Anda untuk menentukan warna kain yang mendekati warna desain orderan Anda berdasarkan katalog kain yang ada pabrik.

1 Comment

  1. Seragam Kerja, Apa Keuntungan Memakai Baju Jenis ini? Simak Di Sini! Mei 16, 2022 at 9:25 am Reply

    […] Anda kenakan? Apakah baju kerja keki, baju kerja indihome, baju seragam kerja kombinasi batik atau seragam kerja lapangan lengan panjang? Yang manapun seragam Anda, semoga tetap semangat dalam […]

Tinggalkan Balasan