Manfaat Hijab Syar’i dari Kacamata Sains

Hijab, atau kerudung, menjadi pusat perhatian setiap kali ada pertempuran antara kebenaran dan kepalsuan. Hijab melambangkan ketaatan seorang wanita kepada Penciptanya dan hubungannya dengan iman.

Tidak diragukan lagi setiap apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam Islam memiliki manfaatnya masing-masing dan tentunya untuk kemajuan masyarakat. Islam adalah pedoman hidup yang lengkap dan merupakan cara terbaik untuk pedoman tertinggi umat manusia.

Hijab juga merupakan salah satu kewajiban wajib Islam bagi wanita muslimah dan memiliki manfaatnya. Dalilnya adalah firmal Allah SWT dalam surat Al-Ahzab (33):32.

Arti kata hijab adalah “menutupi” atau “pembatas”. Biasanya dipakai oleh wanita Muslim untuk menutupi aurat mereka dari pria dan untuk membuat penghalang di antara lawan jenis. Kegunaan utama hijab adalah untuk melindungi wanita dari binatang hawa nafsu.

Pria biasanya dari kebiasaan memperhatikan lekuk tubuh dan bagian pribadi wanita demi hiburan. Jilbab menutupi para wanita sehingga mereka dapat dilindungi dari pria seperti itu dan menjaga mereka dari komentar-komentar kotor. Dalilnya adalah firmal Allah SWT dalam Surat An-Nur 24:30)

Mengenakan hijab adalah untuk mencerahkan kemurnian wanita. Itu melambangkan bahwa wanita Muslim yang mengenakan jilbab jauh dari semua tindakan jahat dunia dan suci.

Hijab mewakili dedikasi wanita Muslim terhadap pria lajang. Ini menunjukkan bahwa tidak ada pria lain yang berhak mencari kesenangan darinya karena dia disucikan hanya untuk suaminya.

Manfaat Ilmiah Mengenakan Hijab

Mengenakan jilbab melindungi panas dari tubuh yang hilang. Tes medis menunjukkan bahwa 40-60% panas hilang melalui kepala sehingga mengenakan penutup kepala pada bulan-bulan yang dingin sangat penting dari sudut pandang kesehatan.

Penutup kepala sangat penting untuk tujuan higienis juga seperti yang disebutkan di atas semua masyarakat harus mengenakan jilbab atau pekerja penutup kepala yang melayani masyarakat untuk memastikan kebersihan dan kemurnian. Pekerja di beberapa profesi memakai “kerudung” – perawat, pekerja makanan cepat saji, pekerja restoran dan pelayan, dokter, penyedia layanan kesehatan dan banyak lagi.

Jagalah agar rambut Anda bebas polusi saat Anda menutupi kepala. Hijab melindungi rambut dari debu dan paparan langsung sinar matahari yang dapat merusak rambut.

Menjaga sebagian besar kulit Anda terlindung dari sinar matahari yang berbahaya sepanjang waktu, menjaga organ terbesar tubuh Anda dan menjaganya tetap bebas kerutan lebih lama saat mengenakan jilbab dan menutupi wajah.

Islam adalah agama kesederhanaan dan keseimbangan; tidak mengharapkan perempuan sendirian untuk menjunjung moralitas dan martabat masyarakat. Sebaliknya, Islam meminta pria dan wanita untuk berjuang bersama untuk menciptakan lingkungan sosial yang sehat dengan nilai-nilai praktis dan moralitas. Singkatnya, konsep kesopanan dalam Islam bersifat holistik dan berlaku baik untuk pria maupun wanita.Dalilnya adalah firmal Allah SWT dalam Surat Al-Hujurat (49):13.

Islam menetapkan bahwa pria dan wanita sederajat di hadapan Tuhan. Pada saat yang sama, ia mengakui bahwa mereka tidak identik. Tuhan menciptakan pria dan wanita dengan atribut fisiologis dan psikologis yang unik.

Berikut adalah daftar beberapa Manfaat Hijab untuk Wanita:

  1. Hijab memblokir pencegahan tindakan atau pikiran jahat
  2. Hijab untuk wanita sukses dan wanita percaya
  3. Hijab adalah ekspresi kesucian dan kesopanan
  4. Hijab adalah motivasi utama untuk menaati Tuhan
  5. Hijab adalah untuk wanita yang sopan dan terhormat
  6. Ikatan jilbab kepada masyarakat sekitar
  7. Hijab over up dengan pakaian longgar
  8. Hijab melampaui yang dangkal
  9. Hijab menyediakan koneksi ke Tuhan
  10. Hijab mencegah kontaminasi silang
  11. Hijab adalah pernyataan kami kepada dunia
  12. Hijab adalah duta Iman
  13. Hijab adalah tindakan kebenaran
  14. Hijab menawarkan perlindungan
  15. Hijab mencerahkan kemurnian
  16. Hijab menjamin kebersihan dan kemurnian
  17. Hijab Melindungi dari Pelecehan Pria
  18. Hijab memperbaharui komitmen mereka kepada Tuhan
  19. Perintah Islam untuk menutupi tubuh kita
  20. Hijab melambangkan perjalanan pengabdian
  21. Hijab menjaga kepercayaan diri dan harga diri
  22. Islam mengijinkan melakukan suatu tindakan ibadah
  23. Hijab menghilangkan persaingan antar wanita
  24. Hijab mengangkatnya dalam masyarakat dengan melakukan deseksualisasi
  25. Hijab telah memberinya gaya hidup yang layak dan tegak

Mengenakan jilbab adalah keputusan pribadi dan independen yang berasal dari kerinduan yang tulus untuk menyenangkan Tuhan sambil menghargai hikmat yang mendasari perintah-Nya.

Banyak orang yang secara keliru percaya bahwa perempuan dipaksa memakai jilbab. Konsep ini tidak didasarkan pada ajaran Islam seperti yang dikatakan Tuhan dalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah 2: 256)

Hijab mengidentifikasi perempuan sebagai penganut Islam, yang bisa memiliki kerugian di negeri di mana informasi yang salah tentang agama dan pemeluknya melimpah.

Berikut adalah beberapa ayat tentang apa yang Allah katakan dalam Alquran tentang Hijab:

  1. An Nuur (24): 30
  2. Al AHzab (33):33
  3. Al AHzab (33):59
  4. Ar Ruum (30):21
  5. An-Nur: 31

Lebih dari sekedar kode berpakaian, hijab mencakup perilaku, sopan santun, dan ucapan yang sopan. Kerendahan hati seperti yang ditunjukkan melalui etiket dan moral melengkapi makna tabir fisik.

Hijab adalah Perlindungan

Hikmah di balik hijab adalah untuk meminimalkan godaan seksual dan degradasi moral dalam masyarakat sebanyak mungkin bagi pria dan wanita. Hijab membantu melindungi pria, wanita, dan masyarakat dengan menciptakan stabilitas baik dalam keluarga maupun komunitas dengan beberapa cara:

  • Melindungi dari serangan yang tidak diinginkan
  • Perlindungan dari godaan dan keinginan yang berbahaya
  • Melindungi wanita dari penampilan menyimpang dan pengawasan yang dangkal
  • Dapat membantu mengurangi kemungkinan serangan seksual terhadap wanita
  • Pelindung dari eksploitasi seksual terhadap perempuan berdasarkan penampilan

Hijab itu

  • BUKAN tanda inferioritas wanita terhadap pria
  • TIDAK menghalangi kontribusi kepada masyarakat
  • BUKAN simbol penindasan
  • BUKAN penjara portabel
  • TIDAK bertentangan dengan nilai-nilai komunitas
  • BUKAN tindakan pembangkangan, konfrontasi atau protes terhadap non-Muslim
  • TIDAK diwajibkan di tempat yang hanya ada wanita dan kerabat dekat pria
  • BUKAN cara untuk membatasi kebebasan wanita untuk mengekspresikan pandangan dan pendapatnya
  • BUKAN cara untuk membatasi wanita dalam mengejar pendidikan atau karier yang sesuai
  • BUKAN sesuatu yang baru – itu telah dilakukan oleh banyak wanita saleh secara historis

Muslim percaya bahwa tujuan hidup mereka yang sebenarnya adalah untuk menyembah Tuhan sesuai dengan instruksi-Nya, seperti yang diungkapkan dalam kitab suci Alquran dan melalui ajaran Muhammad SAW, nabi terakhir Islam.

Ibadah dalam Islam adalah konsep holistik yang mendorong kesadaran akan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari, mulai dari amal dan ketetanggaan hingga doa dan urusan jujur ​​dalam bisnis. Pakaian sederhana juga merupakan aspek integral dari ibadah dalam Islam. Seperti firmal Allah SWT dalam surat Al-Araf, ayat: 26.

Mengenakan Hijab tidak memiliki kekurangan dan mereka yang memakainya memiliki lebih banyak kekuatan dan kepercayaan diri.

Bagi kaum muslimah maka harus mengamalkan hijab agar taat kepada Allah SWT dan mendapat berkah dari-Nya di kedua alam.

Wanita yang memakai jilbab Allah SWT memberi mereka rasa hormat serta menjaga mereka tetap saleh dan bebas dari gangguan apapun.

Tinggalkan Balasan